Skip to main content

Resep Brownies Pisang Super Duper Moist. Rich dan Ueeenak Banget

Resep Brownies Pisang Super Duper Moist
Resep Brownies Pisang Super Duper Moist - kue brownies pisang ini cara bikinya sangat gampang sekali, karena bunda cukup mencampurkan semua bahan-bahan yang ada lalu diaduk rata kemudian panggang di dalam oven dengan suhu 170'C. Tapi untuk bunda yang oven nya rusak, bunda jangan khawatir, adonan brownies pisang ini bisa bunda panggang dengan di kukus selama 25 - 30 menit.

Untuk tekstur brownies ini sangat moist, rich, dan uueenak bangeet, sampai-sampai aku ngabisin setengah loyang saat itu juga bund, yang baru keluar dari oven lagi hangat-hangatnya dan juga aroma wanginya godain terus hehehe.

Jika bunda merasa porsi resep di bawah ini terlalu sedikit maka bisa bunda double saja takaran resep dengan mengalikan dua semua bahan-bahan yang digunakan bund ya.

Silahkan bunda simak resepnya di bawah ini :

Brownies Pisang Super Duper Moist

Bahan - Bahan
  • Dark cooking chocolate (DCC), cincang kasar 75 gram
  • Gula pasir 75 gram
  • Mentega/margarine 40 gram
  • Vanilla extract 1 sendok teh
  • Telur ayam ukuran besar, kocok lepas 1 butir
  • Pisang ambon/cavendish/raja 150 gram
  • Tepung terigu serba guna/protein sedang 50 gram
  • Baking powder double acting 1/2 sendok teh
  • Coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik 10 gram
  • Garam halus 1/4 sendok teh

Persiapan
  • Persiapkan loyang loaf ukuran 20 x 8 x 7 cm, lalu olesi dengan margarine dan taburi dengan tepung, kemudian balikkan loyangnya dan ketuk kan supaya sisa kelebihan tepung terbuang, sisihkan
  • Lumat 150 gram pisang ambon dengan bantuan garpu sampai hancur.
  • Panaskan oven, dengan suhu 170’C pakai api atas bawah jika bunda pakai oven listrik dan apabila bunda pakai oven gas, gunakan api bawah aja, kemudian letakkan rak pemanggang di tengah-tengah oven. Sesuaikan saja suhunya dengan oven bunda masing-masing ya, karena beda merk oven bisa berbeda suhunya.
  • campurkan dan aduk menjadi satu 50 gram tepung terigu, 1/2 sendok teh baking powder, 10 gram coklat bubuk, dan 1/4 sendok teh garam halus, sisihkan

Cara membuat Membuat Brownies Pisang

Persiapkan mangkuk yang tahan panas seperti alumuniumatau kaca tahan panas, lalu masukkan 75 gram dark cooking chocolate yang sudah di cincang kasar, dengan 75 gram gula pasir dan 40 gram mentega/margarine, kemudian simpan mangkuk tersebut di atas panci kecil yang berisi air, jaga baik-baik bund ya, jangan sampai mangkuk yang berisi coklat tersebut menyentuh air.

Panaskan panci menggunakan api kecil sampai coklat meleleh, lalu aduk-aduk sampai coklat, gula dan mentega tercampur rata. Tidak apa-apa jika gula pasirnya tidak larut, segera angkat mangkuk dari dalam panci, dan biarkan sampai setengah dingin.

Setelah itu baru masukkan 1 sendok teh vanilla extract, dan kocokan 1 butir telur, lalu aduk pakai balloon whisk sampai tercampur rata. Tambahkan juga pisang yang sudah di lumatkan tadi, aduk rata.

Masukkan setengah bagian campuran tepung terigu tadi dengan cara di ayak langsung tepat di atas adonan pisang, lalu aduk balik adonan pakai spatula dengan gerakan cepat dan ringan sampai adonan tercampur rata, kemudian tambahkan sisa tepung, aduk rata. dan jangan sampai berlebihan ketika mengaduk, karena nantinya akan membuat tekstur brownies bantat atau keras.

Tuangkan adonan ke dalam loyang.

Panggang adonan selama 30 menit sampai permukaan brownies terlihat mengeras, lalu tes dengan menusukkan lidi di tengah-tengah brownies, jika tidak ada lagi adonan yang nempel pada lidi maka kue sudah matang.

Setelah matang keluarkan kue dari dalam oven, lalu biarkan pada suhu ruang selama 5 menit. supaya uap panansnya hilang. kemudian balikkan kue brownies ke rak kawat dan biarkan lagi sampai benar-benar dingin sebelum di potong.

Kue Brownies Pisang ini bisa bertahan selama 4 hari lamanya pada suhu ruang atau 1 minggu di dalam chiller kulkas dengan wadah tertutup rapat. euuummm yummy!

Selamat mencoba!....

Resep & Foto by : Just Try & Taste
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar