Skip to main content

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe Gurihnya Kremess

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe Gurihnya Kremess
Resep Keripik Tempe Sagu / Kanji (Kripik Tempe) - Suka banget sama keripik tempe, apalagi yang coklat itu, tapi belum bisa bikinnya/belum nemu resep yang pas, ini juga aku bikin kripik tempe tapi pakai tepung kanji.

Alhamdullilah rasanya enak, renyah dengan syarat harus dipotong tipis-tipis, kalau ketebalan nanti akan jadi aci goreng dan alot.

Ini saya pakai kedelai lebih dari 500 gram mungkin 600 gram lebih kena pas 4 bungkus segitu beratnya jadi tidak pakai semua deh, lalu saya fermentasikan selama 36-37 jam, tepatnya dari jam 7 malam tanggal ( 9 ) saya diamkan sampai jam 7 pagi tgl ( 11 )

Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe by  Kheyla's Kitchen

Bahan Bahan
  • 500 gram tempe yang masih kedelai
  • 500 gram kanji / sagu

Bumbu Halus
  • 6-7 siung bawang putih
  • Secukupnya air
  • Secukupnya garam dan masako (masako boleh di skip)

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe by  Kheyla's Kitchen

Ini adalah calon tempe, bukan calon DPR bund yah hehehe.. calon tempe ini kedelai yang sudah di ragi'in beli saja di tukang jual tempe


Campurkan calon tempe tersebut dengan sagu /kanji


Hingga bergerundil seperti ini (WARNING : dalam pencampuran sampai pembungkusan jangan sampai terkena tangan harus pakai centong/sendok, apalagi kalo tangan kena garam, nanti bisa merusak kinerja ragi)


Bungkus adonan ke dalam plastik sambil ditekan-tekan hingga padaaat/benar-benar padat, dan lakukan semua hingga habis ya, lalu tusuk-tusuk menggunakan tusuk gigi atau lidi


Setelah semuanya sudah di bungkus, gantung lalu diamkan selama 24 jam / lebih (saya 37 jam) dan (ini bukan tempe yang sedang gantung diri ya hehehe)


Setelah didiamkan selama 37 jam bengini jadinya benar-benar padat seperti tempe


Potong-potong dan usahakan tipis-tipis banget bund ya, karena kalo tidak tipis nanti hasilnya jadi tidak kering malah jadi alot pas sudah digoreng


Haluskan bumbu lalu campurkan dengan air, kemudian panaskan minyak dan celupkan irisan tempe ke dalam bumbu sebentar saja lalu goreng hingga matang di atas api kecil.. (jangan di rendem lama-lama ke bumbu karena kalo kelamaaann banget nanti bisa ancur teksturnya)


Kalau irisannya tipis dan minyak panas tapi api kecil, bunda akan mendapat hasil gorengan yang sangat cantik dan crispy


Renyahh bangett, gurihh rasanya, semalam saya sudah coba goreng di dalam plastik yang kecil, lenyap 1 toples sekejab tinggal 1 toples nyisain yayank hihihi

Catatan

Plihlah calon tempe yang kualitasnya bagus (beli tempe dilangganan saja karena kita pasti tau klo tempe itu sudh jadi - jadi tempe, rasanya pasti enak dan tidak bau) kalo tempenya kualitas jelek nanti akan mempengaruhi kripiknya (kadang ada tempe yang agak bau, dan masem) jangan pakai yang gitu bund ya.

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar