Skip to main content
Resep Kue Tart Cokelat Panggang Praktis, Enak dan Nyoklat Banget

Resep Kue Tart Cokelat Panggang Praktis, Enak dan Nyoklat Banget

Resep Kue Tart Cokelat Panggang Praktis, Enak dan Nyoklat Banget
Resep Chocolate Tart - Sudah lama sekali aku kepingin coba bikin pie atau tart dan sejenisnya. Kebetulan kemaren aku baru saja beli loyang cetakan untuk membuat pie terus setelah itu aku berpikir, hmm di rumah ada cokelat dan kulit pastry yang sudah jadi, akhirnya aku coba juga eksekusi tart cookelt dan alhamdullilah hasilnya endassss dan nyoklat banget

Kue Chocolate Tart

Bahan - Bahan
  • Pampas shortcrust pastry 2 lembar
  • Kuning telur 4 buah
  • Thickened cream /krim kental cair 300 ml
  • Susu cair 175 ml
  • Gula kastor/gula pasir 2 sendok makan
  • Coklat batangan (cadbury dark cooking chocolate) 250 gram
  • Beras secukupnya
  • Sea salt secukupnya (crush)

Cara Membuat Kue Chocolate Tart
  1. Panaskan oven dengan suhu 200C, lalu siapkan loyang pie, olesi dengan mentega ke seluruh permukaan kemudian taburi dengan tepung terigu sampai rata supaya nanti tart tidak lengket, sisihkan.
  2. Ambil dua lembar kulit pastry yang sudah jadi (kebetulan saya malas buat sendiri) di giling double jd satu atau bisa juga bunda buat sendiri kalo tidak dapat beli yang sudah jadi ya, lalu gulung tipis sesuai ukuran loyang kemudian secara perlahan "bentuk kulit ke loyang sambil di tekan" dan buang sisa pinggiran nya.
  3. Tusuk-tusuk secara perlahan menggunakan garpu (teknik ini supaya bahan adonan/pastry/kulit dasarnya ini tidak mengembang).
  4. Tutup bahan kulit dengan baking paper/alumunium foil lalu beri beras diatas kulitnya. Lalu panggang selama 10-15 menit.
  5. Kenapa di beri beras? supaya pada proses memanggang kulit pastry ini tidak mengembang. setelah 10-15 menit berlalu, segera angkat beras beserta baking papernya lalu panggang kembali kulit selama 10 menit lagi atau sampai semua permukaan berubah menjadi warna kecoklatan.
  6. Panaskan air di dalam panci yang besar lalu taruh mangkuk anti panas di atas panci tersebut. Masukkan coklat bersama gula lelehkan sampai lumer dan mengkilap ya, kemudian tuangkan krim cair dan aduk secara perlahan-lahan, masak sebentar saja.
  7. Setelah itu masukkan susu cair aduk rata dan masak sebentar lalu angkat, kemudian kocok telur sampai tercampur rata lalu masukkan campuran coklat, susu dan krim tadi ke dalam kocokan telur tersebut lalu aduk sampai rata.
  8. Tuangkan cairan isian tepat di atas lapisan kulit tadi yang sudah di panggang, secara perlahan-lahan sampai rata, lalu panggang kembali selama 20-25 menit dengan suhu 180C

Setelah waktu memanggang sudah selesai segera angkat dan sisihkan, biarkan taart sampai dingin kemudian keluarkan dari dalam loyang, potong-potong sesuai selera dan sajikan.

Selamat mencoba!