Skip to main content
Resep Bika Ambon Asli Medan Halal. Di Jamin Enak dan Berserat

Resep Bika Ambon Asli Medan Halal. Di Jamin Enak dan Berserat

Resep Bika Ambon Asli Medan Halal. Di Jamin Enak dan Berserat
Resep Bika Ambon Asli Medan Halal - Di awali rasa ragu atas kehalalan kue ini karena salah satu bahan fermentasinya menggunakan NIRA / TUAK. Setelah melakukan percobaan beberapa kali, Alhamdulillah berhasil menggunakan bahan-bahan yang halalan toyyiban dengan hasil yang sama.

Resep bika ambon asli medan ini saya dapatkan dari bpk Faisal, dan semua yang pernah mencoba resep ini semuanya pada berhasil dan berserat mulus, mungkin rahasia membuat bika ini terletak dari pengocokannya yang tidak menggunakan alat sama sekali, bpk faisal cukup menggunakan tangan untuk mengocok semua bahannya.

Apabila bunda penasaran dengan resep bika ambon medan halal ala bpk faisal ini, silahkan bunda simak resep dan cara membuatnya di bawah ini :

Bika Ambon Asli Medan Halal

Bahan - Bahan
  • 375 gram Tepung tapioka kualitas baik
  • 8 butir Kuning telor
  • 300 gram Gula pasir

Bahan Fermentasi:
  • 300 gram Air
  • 2 gram Ragi instan

Bahan Santan:
  • 375 gram Santan kental
  • 10 gram Daun jeruk purut
  • 1 lembar Daun pandan
  • 7 gram Garam

Cara Membuat Bika Ambon Asli Medan Halal

1. Campurkan semua bahan santan, lalu masak sambil terus di aduk sampai mendidih. Sisihkan dan dinginkan.

2. Campurkan gula pasir dengan kuning telor, lalu aduk menggunakan tangan sampai gulanya larut.

3. Tuangkan santan yang tadi, lalu aduk lagi pakai tangan sampai rata (pada saat ini bisa menambahkan pasta sesuai selera seperti pandan dll).

4. Masukan tepung tapioka, aduk lagi pakai tangan sampai rata.

5. Campurkan bahan fermentasi lalu biarkan selama 15 menit sampai berbusa (boleh di kasih gula pasir 1 sendok teh supaya lebih cepat aktif). Kemudian tuang ke dalam adonan dan aduk rata lagi pakai tangan.

6. Saring adonan pada wadah plastik lalu fermentasikan selama 6 - 8 jam.

7. Panaskan loyang ukuran 20 x 20 x 7 (pada gambar menggunakan loyang bulat diameter 20 cm) simpan di atas pan yang sudah di isi pasir.

8. Pastikan loyang sudah benar-benar panas, caranya dengan meneteskan air ke dalam loyang dan langsung mendesis berarti loyang sudah benar-benar panas.

9. Sebelum adonan di masukkan ke dalam loyang aduk rata dulu adonan (termasuk busanya). kemudian masukan ke dalam loyang yang sudah panas tadi.

10. Panggang adonan dengan loyang tidak di tutup. Selama 20 menit, atau sampai mulai timbul gelembung udara. seperti yang terlihat pada gambar di atas.

11. Menit ke 45 sudah bika akan mulai berlubang, dan panggang terus sampai permukaannya berlubang semua, kira-kira selama 15 - 25 menit lagi. Jadi lama memanggang memakan waktu sekitar 1 jam.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Resep & Foto by Bpk Faisal