Skip to main content
Resep Puding Nangka Gula Merah

Resep Puding Nangka Gula Merah

Resep Puding Nangka Gula Merah
Puding Nangka Gula Merah - Puding nangka ini rasanya sangat enak, dan manisnya pas serta harum dari buah nangkanya itu dan gurih dari santan semua berpadu dan pas, bunda wajib untuk mencoba membuat puding nangka gula merah santan dengan resep di bawah ini.

Resep Membuat Puding Nangka Gula Merah

Resep Puding Nangka Gula Merah

Bahan – bahan yang di butuhkan untuk membuat puding nangka gula merah
  1. Agar-agar tanpa rasa atau plain sebanyak 1 bungkus
  2. Gula merah yang warnya tua supaya nanti pudingnya terlihat manis dan cantik sebanyak 200 gram
  3. Santan  sebanyak 700 ml dari 1/2 butir kelapa
  4. Nangka sebanyak 100 gram dipotong2 kotak
  5. Daun pandan sebanyak 2 lembar lalu buat simpul
  6. 1 buah kuning telur sebanyak 1 butir dan Jika bunda tidak menyukainya, boleh untuk tidak memakainya. Karena kuning telur sini fungsinya adalah untuk menambahkan rasa gurih dan pelembut pada puding serta agar tidak mudah terpisah antara santan dan gulanya.
Cara Membuat Puding Nangka Gula Merah
  • Cairkan 200 gram gula merah dengan 100 ml air lalu saring.
  • Campurkan 700 ml santan dengan 100 ml sirup gula merah, 1 bungkus agar-agar dan 2 lembar daun pandan, lalu masak di atas api sedang sambil di aduk-aduk hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, masukkan 100 gram nangka yang sudah di potong-potong kecil dan kecilkan api. Taruh 1 butir kuning telur di dalam mangkuk lalu ambil 1 sendok sayur adonan puding dan campurkan langsung aduk cepat, kemudian tuang kembali ke dalam rebusan puding. Masak sebentar, sambil di aduk sampai rata.
  • Tuangkan puding nangka ke dalam cetakan yang sudah di olesi dengan air lalu biarkan dingin dan agak mengeras kemudian dinginkan di dalam lemari es supaya rasanya makin maknyossss
  • Puding Nangka Gula Merah kini siap untuk di hidangkan untuk makan penutup. Selamat mencoba