Skip to main content
Cara Membuat dan Resep Donat Ubi

Cara Membuat dan Resep Donat Ubi

Cara Membuat dan Resep Donat Ubi
Cara Membuat Donat – Donat ubi ini adalah salah satu donat kesukaan anak saya, dulu saya selalu membeli donat ubi ini karena anak saya selalu merengek memintanya, waktu itu harga donat ubi di daerah saya 10.000 dapat 3 biji, namaun setelah saya menemukan resep donat ubi ini saya mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah dan hasilnya sangat memuaskan, selain donatnya mengembang dan empuk ketika di gigit anak saya sangat menyukainya, dan akhirnya semenjak itu saya tidak pernah lagi membelinya di luaran sana.

Cara Membuat dan Resep Donat Ubi

Resep Donat Ubi

Bahan - Bahan Yang di Butuhkan Untuk Membuat Donat
  1. Tepung terigu cakra kembar sebanyak 250 gram
  2. Gula pasir sebanyak 1 ½ sendok makan
  3. Susu bubuk sebanyak 1 sendok makan
  4. Saft instant sebanyak 1 sendok makan
  5. Kuning telur sebanyak 1 butir
  6. Ubi dikukus lalu dihaluskan sebanyak 100 gram
  7. Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  8. Margarine sebanyak 1 sendok makan
  9. Minyak goreng sebanyak 1 sendok makan
  10. Air es sebanyak 1 – 10 sendok makan
  11. Minyak Goreng  sebanyak 1 kg untuk menggoreng
Cara Membuat Donat Umbi
  • Pertama campurkan semua bahan-bahan kering seperti 250 gram tepung terigu cakra kembar, 1 ½ sendok makan gula pasir, 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan saft, ½ sendok teh baking powder, aduk rata lalu masukkan 1 butir kuning telur, aduk kembali dengan menggunakan spiral, kemudian tambahkan 100 gram ubi yang sudah di rebus dan di haluskan dengan air es secukupnya, kocok-kocok lagi dengan menggunakan spiral. 
  • Jika adonan sudah mulai setengah kalis masukkan 1 sendok makan margarine dan 1 sendok makan minyak goreng lalu Kocok kembali hingga adonan kalis lalu diamkan selama 30 menit. 
  • Setelah 30 menit berlalu dan adonannya mengembang bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuk dengan selera masing-masing lalu diamkan kembali selama 30 menit.
  • Sementara itu panaskan 1 kg minyak goreng di atas api sedang lalu goreng adonan donat tersebut sampai warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan, angkat dan tiriskan.
  • Olesi donat yang sudah mateng dengan sedikit margarine lalu beri toping dengan selera masing-masing
  • Donat Umbi Empuk kini siap untuk di santap selagi masih hangat dan di temani dengan 1 cangkir teh manis.