Skip to main content
Resep Sup Ikan Gurame

Resep Sup Ikan Gurame

Resep Sup Ikan Gurame

Resep Sup Ikan Gurame - Untuk buntik dan buntar penggemar ikan, kali ini KOMPI Nikmat akan berbagi resep hidangan berkuah dengan bahan utamanya ikan kakap. Meskipun tidak banyak mengandung sayuran, sop ikan kakap ini tetap mampu memberikan asupan gizi yang baik.

Mengolah ikan jadi hidangan berkuah sering kali agak rumit, sebab orang takut hasilnya nanti akan berasa amis dan kurang nikmat jika di bandingkan dengan olahan ikan dengan cara di bakar ataupun di goreng. Padahal dengan cara di buat sop, kandungan gizi dan protein ikan tidak akan hilang terlalu banyak jika di bandingkan di olah dengan cara di bakar ataupun digoreng. Buntik wajib merendam ikan terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis dengan perasan air jeruk nipis selama kurlab 10 menitan sebelum di olah menjadi sup. Selain itu penggunaan daun jeruk dan serai serta daun kemangi dalam resep sup ini juga dapat membantu menghilangkan aroma amis dari ikan kakap.

Cara Membuat dan Resep Sup Ikan Gurame


Waktu persiapan Waktu memasak Waktu total Saran penyajian
10 minit 20 minit 30 minit 6 porsi

No Bahan-bahan Berat
1 Ikan Gurame 2 ekor, potong masing-masing jadi 3 bagian
2 belimbing wuluh 10 buah
3 air 800 ml
4 daun kemangi 50 gram

No Bahan Bumbu halus Berat
1 bawang putih 3 butir
2 cabai merah 3 buah
3 jahe 2 cm
4 kunyit 1 cm
5 garam 1 sendok makan
6 serai, memarkan 1 batang
7 daun jeruk 2 lembar
8 Tomat iris dadu 1 buah,

Cara membuat Sup Ikan Gurame

Pertama didihkan 800 ml air terlebih dahulu lalu masukkan bumbu halus seperti 3 butir bawang putih, 3 buah cabai merah, 2cm jahe, 1cm kunyit, 1sdm garam, 2 lembar daun jeruk, 1 batang serai yang sudah di memarkan, 2 lembar daun jeruk dan 2 ekor ikan yang sudah di potong masing-masing jadi 3 bagian dan masak sampai semua bumbu meresap ke dalam ikan kemudian masukkan 1 buah tomat iris dadu, 10 buah belimbing wuluh, dan 50 gram daun kemangi lalu masak sampai daun kemangi terlihat layu, angkat dan sajikan selagi hangat hangat.